Prawirotaman Yogyakarta

Posted by Unknown Selasa, 29 Januari 2013 0 komentar
Hotel Murah di Jogja. Prawirotaman Yogyakarta merupakan sebuah kampung atau daerah di Yogyakarta yang terkenal hingga mancanegara sebagai Pusat Kawasan Pariwisata di Yogyakarta. Di kampung ini banyak sekali anda temui Hotel Murah, Guest House, Hotel Bintang, Cafe, Artshop, Sentra Batik, Toko Buku Import, dan juga Agent Tour and Travel.

Tidak banyak orang yang tahu tentang kampung prawirotaman, karena memang daerah ini terkenal bagi para pecinta Backpacker Mancanegara. Sehingga Prawirotaman terkenal dengan sebutan "Kampung Turis" dan sudah dikenal mulai dari Tahun 1960an. Keunggulan dari daerah sini adalah keramahan penduduk sekitar dan juga beraneka ragam wisata terdapat disini.

Jika anda memasuki kawasan Prawirotaman Yogyakarta, anda akan disambut dengan nuansa kampung tengah kota, mulai dari lalu lalang kendaraan ( Becak, Sepeda, Motor dan Mobil ) hingga sapaan warga yang umumnya dapat berbahasa Inggris. Sederetan penginapan dengan keunikan rancang bangunnya, mulai Jawa klasik hingga hotel masa kini terdapat di kawasan ini. Fasilitas yang disediakan penginapan pun cukup menggoda dengan harga yang terjangkau, mulai Rp 50.000 – Rp 300.000. 

Awal mulanya kampung Prawirotaman ini terkenal sebagai Pusat Pariwisata Jogja adalah ketika pasca kemerdekaan Indonesia, tepatnya tahun 60-an, kampung ini dikenal sebagai pusat industri batik cap yang dikelola oleh keturunan Prawirotomo. Seluruh kampung disini memiliki usaha batik, baik batik cap maupun batik tulis. Sehingga banyak sekali turis - turis mancanegara datang ke daerah ini untuk berbelanja Batik. Sementara sejak tahun 70-an, seiring meredupnya industri batik cap, para keturunan Prawirotomo banting setir ke jasa penginapan dan Prawirotaman pun mulai dikenal sebagai kampung turis.

Meski ada yang telah berpindah tangan, kebanyakan penginapan masih dikelola oleh keturunan Prawirotomo, terdiri dari tiga keluarga besar yaitu Werdoyoprawiro, Suroprawiro, dan Mangunprawiro.

Obyek Wisata Sekitar Prawirotaman Yogyakarta
Obyek Wisata yang dekat Prawirotaman Yogyakarta diantaranya Keraton Jogja, Alun - Alun Selatan (Pusat Wisata Malam Hari di Jogja), Malioboro ( Pusat Wisata Belanja di Jogja) , Taman Pintar, Sentra Batik dan Toko Oleh - Oleh,

Selain itu juga, disini terdapat Wisata Kuliner Lengkap, mulai dari kuliner Khas Jogja ( Bakmi Jawa, Gudeg, Brongkos, dll ), Masakan Khas Jawa ( Resto Ibu Ageng yang merupakan istri dari Seniman Butet Kartaredjasa, Angkringan Bangjo,  Tengkleng Solo, dll ). Selain itu juga disini banyak rumah makan yang menawarkan menu Eropa, seperti: Via - Via Resto, Hani's Resto, dan masih banyak lagi.

Hotel di Prawirotaman Yogyakarta
Pusat Hotel di Jogja ada, yaitu Malioboro dan Prawirotaman. Jika kebanyakan orang lebih tahu malioboro, maka Hotel di Prawirotaman jarang ada yang tahu.

Di kawasan ini terdapat ratusan hotel yang menawarkan berbagai konsep, mulai dari tradisional jawa, losmen, hotel modern, hingga hotel boutique dengan menampilkan jawa kuno. Hotel - hotel disini harganya terbilang cukup murah dibandingkan dengan di kawasan malioboro, karena disini kebanyakan para backpacker.

Info Hotel di Jogja daerah Prawirotaman Yogyakarta, bisa dilihat pada artikel beriktu ini:
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Prawirotaman Yogyakarta
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://infohotelmurahdijogja.blogspot.com/2013/01/prawirotaman-yogyakarta.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Sewa Mobil dan Motor Jogja support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Hotel Murah di Jogja.